Pages

Jadilah Pelajar yang Terpelajar

Disiplin dan tanggung jawab pelajar

        Kedisiplinan sangatlah penting bagi para pelajar, disiplin bukan hanya untuk menjalankan segala aturan sesuai dengan waktunya melainkan untuk meningkatkan tingkat keberhasilan yang tinggi. Contohnya disiplin waktu, seorang pelajar yang menjalankan aktivitas dengan disiplin, ia cenderung akan menghargai waktu dan mengerjakan tugas sesuai waktu yang di tetapkan. Disiplin dalam belajar, para pelajar akan membagi jadwal belajar, sehingga dalam menjalankan aktivitas belajar para pelajar bisa membagi mana yang di prioritaskan terlebih dahulu. Pelajar bisa menggunakan waktu sebaik mungkin untuk belajar. Untuk itu para pelajar di tuntut untuk menjadikan kedisiplinan sebagai budaya dalam meraih keberhasilan.



          Dalam meningkatkan kedisiplinan peran institusi pendidikan, pengajar dan orang tua sangatlah di butuhkan, peran institusi pendidikan dalam hal ini sekolah, harus menjalankan prosedur dan aturan-aturan yang telah di buat harus di jalankan sebagai mana mestinya. Peran guru sebagai pendidik harus memberikan contoh yang baik terhadap murid, untuk tidak datang terlambat mengajar dan keluar jam selesai mengajar sesuai waktu yang telah di tentukan, sehingga para pelajar akan menjadikan para pengajar sebagai ‘role model’ bagi dirinya. Peran orang tua harus mengawasi tingkat kedisiplinan anaknya. Dari ketiga tersebut nantinya ada keterkaitan dan akan memberikan efek yang positif bagi kemajuan serta peningkatan prestasi. Pengaruh kedisiplinan akan menjadikan para pelajar memiliki tujuan yang  jelas, karena kedisiplinan merupakan indikator bagi keberhasilan dan kesuksesan seseorang.



                                                   Setiap siswa harus menanamkan rasa tanggung jawab pada diri masing-masing.  tanggung jawab siswa sebagai pelajar adalah belajar dengan baik, mengerjakan tugas sekolah yang sudah diberikan kepadanya, disiplin dalam menjalani tata tertib sekolah misalnya tidak terlambat datang ke sekolah, meletakkan sepeda atau kendaraan di tempat yang telah ditentukan, dan membuang sampah pada tempatnya.  Setiap siswa wajib dan mutlak melaksanakan tanggungjawab mereka sebagai pelajar.

      Belajar dari cerita "BATU BESAR" berikut ini...






0 komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll

About